oleh

Polri: Surat Bebas Covid-19 Djoko Tjandra Hasil Tes Orang Lain

JAKARTA – Polri menegaskan bahwa buronan Djoko S Tjandra tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara langsung dalam mendapatkan surat bebas Covid-19 di Bareskrim.

Karopenmas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menjelaskan berdasarkan penelusuran saat itu yang datang untuk diperiksa di ruang Karokorwas PPNS Bareksrim yang masih dipegang Brigjen Pol Prasetijo Utomo merupakan orang lain.

“Yang datang itu bukan Djoko Tjandra asli, tapi orang lain yang mengaku Djoko Tjandra,” ungkap Awi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/07/2020).

Untuk diketahui, Prasetijo yang kini telah dicopot dari jabatannya saat itu memfasilitasi pembuatan surat bagi Djoko Tjandra dengan memanggil dokter ke ruangannya di gedung Bareskrim Polri.

Masih dari keterangan Awi, pihaknya telah memastikan hal tersebut dengan memeriksa rekaman video pengawas (CCTV) di sekitar ruangan Prasetijo tersebut.

Dirinya pun memastikan orang itu berbeda dari rupa Djoko Tjandra yang terungkap selama ini. Menurutnya, berdasarkan keterangan dari dokter yang waktu itu memeriksa.

“Menurut keterangan dokter bahwasanya yang datang dengan yang di TV beda,” tegas Awi menutup pembicaraan.

Diberitakan sebelumnya, Polri telah mencopot Brigjen Pol Prasetijo Utomo dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) PPNS Bareskrim Polri. Hal ini diduga terkait dengan penerbitan surat jalan buronan Djoko Tjandra.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono menyebut kini pihak Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri masih melakukan pemeriksaan terhadap Brigjen Pol Prasetyo Utama.

Lebih jauh, Argo mengatakan, Polri pun juga akan mendalami perihal kasus ini apakah ada pihak lain yang terlibat selain Brigjen Prasetyo.

Komentar