oleh

Gandeng Kementerian, Pemdes Bukumatiti Gelar Pelatihan Perkebunan ke Petani

-Daerah-197 views

JAILOLO – Guna memajukan desa dari sektor pertanian dan perkebunan, Pemerintah Desa Bukumatiti, Sabtu (04/5/19 tadi, melaksanakan kegiatan pelatihan pemberdayaan kepada masyarakat petani yang digelar di desa Bukumatiti.

Kegiatan yang dilaksanakan Pemdes ini mengandeng Kementerian Pertanian melalui Bagian Perkebunan yang ditugaskan di wilayah Halbar, Kepala Unit Pembinaan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPPT) Jailolo, Husen M. Rehalat SP.

Kepala Desa Bukumatiti, Melkias Baura, mengatakan Kegiatan yang laksanakan ini tujuannya untuk kemajuan masyarakat Desa Bukumatiti agar masyarakat lebih mengetahui cara-cara membudidayakan dan mengendalikan hama penyakit pada tanaman perkebunan dengan baik.

“ Tema kegiatan kami ‘Sekolah Lapangan Tanaman Perkebunan Desa Bukumatiti’ untuk anggaran sendiri bersumber dari Dana Desa (DD) tahap tiga tahun anggaran 2018,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut lanjut Kades, Pemdes menghadirkan pemateri dari Kementerian Pertanian yaitu Kepala Unit Pembinaan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPPT) yang ditugaskan di Jailolo, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat  khsuusnya petani Desa.

“Kegiatan ini kami lakukan demi masyarakat karena kami sangat mengetahui bahwa masyarakat desa Bukumatiti itu sebagian besarnya masyarakat tani,” tambah Kades.

Sementara, Aristoles Memele selaku Pendamping Desa, menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Desa Bukumatiti yang telah mengeelar kegiatan ini. Menurut Aristoles kegitan pelatihan pemberdayaan kepada masyarakat petani sangat positif dan patut didukung.

Bagi Dia, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan setiap tahun, karena sangat menguntungkan bagi masyarakat khususnya petani.

“ Ini adalah ilmu yang sangat baik, semoga masyarakat memahami meteri dengan baik agar bisa dipraktekan.” Harap Aristoles

(Kep)

Komentar