oleh

Ketua DPRD DKI: Jaring Tak Selesaikan Masalah Kali Item

-Nasional-145 views
Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi meminya Gubernur DKI Anies Baswedan melanjutkan upaya menghilangkan bau di Kali Item, Kemayoran.
 
Jakarta, Cakra-News | Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengapresiasi langkah Pemprov DKI melakukan penutupan Kali Sentiong atau Kali Item dengan jaring warna hitam atau waring.
 
“Saya apresiasi terobosan pak Anies yang memasang waring ini untuk beautifikasi,” kata Prasetio saat meninjau langsung Kali Item di Kemayoran, Rabu (1/8).
 
Kendati demikian, Prasetio menilai masalah Kali Item bukan sekedar untuk mempercantik atau beautifikasi saja. Artinya penggunaan waring tak menyelesaikan masalah Kali Item.
 
“Tapi bagaimana masalah pendalaman Kali Item di sini,” ujarnya.
 
Prasetio mengatakan dulunya Kali Item tersebut buntu. Kemudian di masa pemerintahan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat memimpin DKI jalur air di Kali Item mulai dibuka.
 
Lalu di masa pemerintahan Ahok-Djarot pembukaan jalur air di Kali Item juga terus dilakukan.
 
Karenanya, ia pun meminta Anies selaku gubernur saat ini untuk bisa menuntaskan pokok permasalahan yang ada di Kali Item.
 
“Pokok permasalahannya harus dituntaskan, karena bukan apa-apa, ini bukan masalah peninggalan pemerintah yang lama atau pemerintahan siapa,” tutur Prasetio.
 
Prasetio pun memberi usulan kepada Pemprov untuk melakukan pengerukan Kali Item sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalah tersebut.
 
“Kita melihat air jalan pelan tapi kalau ini didalamkan, dikeruk dan diimbau pada masyarakat agar tidak membuang sampah, itu akan lebih bagus,” ucapnya.
 
“Jangan cuma bagus di luar tapi di dalamnya rusak,” imbuh Prasetio.
 
Sebelumnya, Pemprov DKI mengamati kebijakan untuk menutup Kali Item yang tepat di samping Wisma Atlet Kemayoran dengan mengganti jaring hitam atau waring.
 
Pemasangan tersebut dilakukan dalam rangka Asian Games yang akan dilaksanakan mulai 18 Agustus mendatang.
 
Selain itu, Pemprov DKI juga memberikan cairan penghilang bau untuk mengurangi bau tidak sedap yang dihasilkan Kali Item. 

 

Komentar